Sejarah Prodi BK

SEJARAH SINGKAT PRODI BK STKIP MPL   

STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung (STKIP MPL) sebagai salah satu perguruan tinggi swasta berperan aktif dalam pembangunan masyarakat masa depan indonesia melalui pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki karakter yang kuat dan handal serta menghargai keragaman sebagai perekat interaksi bangsa,  disamping mampu bersaing baik tingkat regional, nasional maupun tingkat global dalam rangka peningkatan daya saing bangsa. Untuk mencapai sasaran tersebut salah satu cara yang dapat mendesak dilakukan perguruan tinggi adalah menyelenggarakan program studi yang berbasis keunggulan kompetitif dan komparatif.

Program studi BK pada STKIP Muhammadiyah Pringsewu mendapatkan status terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor: 0629/O/1984 tanggal 9 Maret 1984 M yang kemudian mengalami penyempurnaan dengan Surat Keputusan Nomor: 0512/O/1986 tanggal 31 Juli 1986 M. kala itu bernama program studi Pikologi Pendidikan dn Bimbingan (PBB) selanjutnya pada tahun 2011 berubah menjadi Bimbingan dan Konseling (BK) sampai  saat ini.

Perjalanan panjang yang telah ditempuh Prodi BK di STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung tidak dapat dilepaskan dari perkembangan profesi konselor di Indonesia. Berawal dari dekade 1960 an LPTK LPTK mendidirikan jurusan Bimbingan Penyuluhan, selanjutnya dengan disyahkan kurikulum 1975 yang merupakan pengakuan pemerintah terhadap eksistensi profesi konselor di Indonesia. Pada tahun yang sama didorong oleh keinginan yang kuat untuk memperkokoh profesi konselor maka di kota Malang dibentuklah organisasi profesi yang bernama IPBI (Ikatan Petugas Bimbingan Penyuluhan Indonesia), yang selajutnya pada tahun 2001 berubah menjadi ABKIN ( Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia). Dengan diberlakukan kurikulum 1994 mulailah ada ruang gerak bagi layanan BK dalam sistem persekolahan di Indonesia, sebab salah satu ketentuanya adalah mewajibkan bagi sekolah untuk menyediakan satu orang konselor untuk setiap 150 siswa.

Seiring dengan berlakunya beberapa peraturan dan perundang undangan pemerintah mendorong perlunya pengembangan dan penataan prodi BK di STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung sebagai lembaga pencetak calon konselor. Bebeapa peraturan dan perundangan tersebut diantaranya 1) UU No: 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, 2) PP No: 19 tentang Standar Nasional Pendidikan, 3) UU NO; 14 tahun 2005 tantang guru dan dosen, serta 4) Peratutan pemerintah tentang profesi konselor jalur pendidikan formal yang disusun oleh ABKIN dan disahkan oleh Dirjen Dikti pada tahun 2007.